Senin, 02 Februari 2015

Festival Martha Christina Tiahahu


Fesitival Martha Christina Tiahahu, merupakan sebuah festival yang dilaksanakan sebagai bentuk kecintaan terhadap Pahlawan Nasional Wanita asal Maluku, Martha Christina Tiahahu putri raja negeri Abubu, pulau Nusalaut. Festival ini mulai di gagas oleh Yayasan Parakletos, dan pertama kali diselenggarakan pada tanggal 30 Januari s/d 1 Februari 2015, sebagai salah satu program ekspedisi 1000 Pulau.
Festival ini melibatkan seluruh masyarakat dari ke tujuh negeri (Ameth, Akoon, Nalahia, Titaway, Abubu, Sila dan Leihitu) yang ada di pulau Nusalaut, dan dipusatkan di negeri Abubu tempat kelahiraan sang Srikandi.
Rangkaian kegiatannya antara lain : Book time (30 Januari) dengan membagikan buku kepada sebanyak 1.028 murid SD se-Pulau Nusalaut yang merupakan buku bantuan dari The Asia Foundation. Kemudian kunjungna objek wisata pada 31 Januari dan pada hari berikutnya, puncak festival adalah digelarnya prosesi dari Titawai ke Sila-Leinitu, penyambutan dengan tarian cakalele, dilanjutkan prosesi ke Nalahia, Ameth, Akoon dan berakhir di kampong halaman Martha Christina Tiahahu yakni Abubu. (anc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar